Monday, August 24, 2009

09. BAB III METODOLOGI PENELITIAN

3.1. Metodologi
Metoda yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah studi pustaka dan studi lapangan. Studi pustaka merupakan tahap awal dalam penulisan, yang dilakukan dengan cara mengumpulkan literatur-literatur yang berhubungan dengan dasar teori atau topik mengenai tugas akhir ini yaitu prosedur pelaksanaan pelelangan via internet (e-procerument).
Data-data yang didapatkan pada tahap awal ini adalah data-data secara umum yang mencakup latar belakang pelaksanaan e-procerument, tujuan e-procerument, peraturan perundangan yang mengatur procerument, prinsip pelaksanaan e-procerument, pelaksanaan semi e-procerument plus, alur proses pelelangan secara semi e-procerument plus untuk pelelangan jasa konstruksi, alur proses pelelangan secara semi e-procerument plus untuk pengadaan barang dan pemborongan serta peraturan menteri pekerjaan umum yang mengatur tentang pengadaan jasa konstruksi pemerintah secara elektronik khususnya e-procerument. Data ini didapatkan dari download dari internet bersumber dari situs Departemen Pekerjaan Umum tahun 2006 dan Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas).
Data-data skunder yang didapatkan ini akan dikembangkan sebagai acuan dasar pengerjaan skripsi. Data-data juga menjadi patokan dasar dalam pengembangan ide-ide manjadi konsep dan kerangka berpikir yang menjelaskan tentang pelaksanaan e-procerument di Indonesia, khususnya di kota Padang, Sumatera Barat.
Data primer atau data inti didapatkan dari hasil wawancara, pooling dan penyebaran questioner ke instansi terkait seperti konsultan Perencana, Kontraktor, Konsultan Pengawas dan Departemen Pemerintah yang terkait dengan pelaksanaan e-procerument seperti Departemen Pekerjaan Umum dan Bapekon (Badan Pelaksana Konstruksi).





Tahap penulisan tugas akhir ini ditentukan dengan flowchart pada gambar 3.1 dibawah ini :



Gambar 3.1 Flow Chart Penelitian

Penjelasan flowchart penelitian adalah sebagai berikut :
a. Ide
Diawali dari suatu ide yaitu menemukan gagasan-gagasan tugas akhir bagaimana menghubungkan kemajuan teknologi informasi dengan aplikasi di dunia teknik sipil. Salahsatunya aplikasi yang trend saat ini adalah proses pelelengan menggunakan media elektronik atau disingkat e-procerument.
b. Studi Literatur
Merupakan langkah awal dalam melakukan penelitian, berupa studi penulisan berdasarkan buku-buku perpustakaan dan sumber lainnya yang relevan dengan hal yang akan dibahas dalam penelitian permasalahan untuk mendapatkan hasil yang baik dalam penelitian. Yang dibahas dalam studi literatur adalah teori-teori yang didapat dari berbagai sumber. Studi Literatur ini merupakan dasar teori yang berhubungan dalam pembahasan tentang topik penelitian tugas akhir yang dilakukan. Studi literatur ditujukan untuk mendapatkan bahan pengerjaan tugas akhir. Data yang telah didapat bersumber dari Departemen Pekerjaan Umum. Data skunder didapat dari hasil wawancara, pooling ke instansi dan kontraktor-kontraktor yang menjadi target penyelesaian skripsi.
Sebagai dasar teori dalam penulisan tugas akhir yang dilakukan ini sumber-sumber yang menjadi kerangka acuan dalam melakukan penelitian antara lain:
1. Buku-buku yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.
Buku-buku yang dimaksud disini adalah sumber bacaan yang berikan teori dasar yang berhubungan dengan penelitian yang nantinya dapat mendukung dan memperkuat penelitian yang dilakukan. Juga memuat tentang gambaran topik tugas akhir yang dilaksanakan.
2. Sumber teori yang didapatkan dari internet.
Salah satu sumber dalam dasar teori didapatkan dari internet. Disini didapat berupa bacaan yang mendukung penelitian yang dilakukan. Sumber dari internet ini adalah website yang memuat hal yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan.
c. Pegumpulan data
Data primer didapatkan dengan cara pengambilan data berdasarkan referensi berupa tugas akhir pihak lain atau buku referensi dan pencarian di dalam internet. Data yang telah didapat bersumber dari Departemen Pekerjaan Umum tahun 2006 dan akses ke situs-situs yang berhubungan dengan proses pelelangan e-procerument di Indonesia.
Pengumpulan data skunder diperoleh dari interview langsung di lapangan, dan pembagian kuisioner kepada pihak konsultan perencana , kontraktor dan konsultan pengawas serta beberapa instansi terkait yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan e-procerument.Tugas akhir ini dibatasi pada pelaksanaan e-procerument di Sumatera Barat khususnya di kota Padang.
Materi wawancara dan kuisioner akan disesuaikan berdasarkan batasan masalah yaitu mengenai pelaksanaan prosedur e-procerment di kota Padang.
d. Analisa dan pembahasan
Data-data yang telah didapatkan akan diolah, dianalisa dan dibahas. Data-data yang telah diolah dapat mengetahui seberapa efektifnya penggunaan e-procerument yang telah diterapkan di Padang, Sumatera Barat.
e. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan dan saran tentang pelaksanaan prosedur e-procerument dalam industri konstruksi. Disini akan disimpulkan keunggulan e-procerument dibandingan pelaksanaan lelang konvesional. Juga mengetahui apakah hal ini efektif digunakan dalam proses tender di industri konstruksi pada masa depan.

3.2. Sistematika Penulisan
Untuk menghasilkan penulisan yang baik dan terarah maka penulisan skripsi ini dibagi dalam beberapa bab yang membahas hal-hal sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, tujuan penelitian, manfaat penelitian, batasan masalah dan sistematika penelitian.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Menguraikan dasar-dasar teori dan data-data pendukung yang digunakan dalam penelitian yang berisikan teori e-procerumet dalam industri konstruksi.
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
Berisikan tentang alur penelitian, metode-metode pengumpulan data. Metode yang digunakan antara lain pengambilan data primer dilakukan dengan studi literatur dan data sekunder diperoleh dengan mendatangi pihak-pihak yang terkait dengan melakukan interview dan pooling dengan angket.
BAB IV : PROSEDUR DAN RENCANA KERJA
Menampilkan Prosedur kerja dalam penyelesaian skripsi yang diperoleh dari studi literatur, wawancara, pooling maupun data sekunder serta memuat lamanya waktu rencana kerja pembuatan skripsi.

BAB V : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Menampilkan hasil data-data yang dibahas pada bab sebelumnya serta hasil akhir dari pengolahan data-data yang sudah didapatkan.
BAB VI : KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan tentang kesimpulan dan saran dari penyusunan tugas akhir ini yaitu berupa keunggulan e-procerumet dalam industri konstruksi.dibandingkan proses pelelangan biasa.
DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment